Skip to main content

BEASISWA Program Japanese Studies (Deadline 12 Januari 2018)


BEASISWA Program Japanese Studies (8 Desember 2017 – 12 Januari 2018)

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk belajar selama satu tahun di universitas di Jepang. Program ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Program ini adalah program non-gelar. Peserta yang telah menyelesaikan program ini akan mendapatkan sertifikat.

JADWAL PENYELEKSIAN
Masa Pendaftaran                 : 8 Desember 2017-12 Januari 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 29 Januari 2018
Ujian Tulis                  : Awal Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian Tulis : Pertengahan Februari 2018
Ujian Wawancara          : Akhir Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian Wawancara : Awal Maret 2018
Pengumuman Final dari MEXT : Juli 2018
Berangkat ke Jepang          : September 2018

FASILITAS
Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya.
Tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000Yen/ bulan
Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang.
Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.
Tanpa ikatan dinas.

PERSYARATAN
Mahasiswa aktif jenjang S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang
Sehat jasmani dan rohani.
Usia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2018 (lahir antara 2 April 1988 sampai 1 April 2000).
Minimal mahasiswa semester 3.
Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.
Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah beasiswa program ini berakhir.
Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan baca pada tautan berikut (klik di sini –pdf)

DAFTAR DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
Surat pengantar dari ketua jurusan.
Surat berisi daftar mahasiswa yang direkomendasikan oleh ketua jurusan. Surat dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris.
Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bagian PROSEDUR PENDAFTARAN poin 2-3).
Application Form 2018.
Formulir harus diisi dalam bahasa Jepang. 
Silakan diketik atau tulis tangan. Disarankan menggunakan Adobe Acrobat Reader versi terbaru di komputer Anda. Download:
http://www.studyjapan.go.jp/pdf/applications/2018/2018_Application_JapaneseStudies_JE.pdf 
● Pasfoto berwarna.
Formal. Warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir, ukuran 3,5cm x 4,5cm. Pasfoto harus ditempel pada setiap Application Form.
Placement Preference Application Form 2018.
Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. 
Silakan diketik atau tulis tangan. Disarankan menggunakan Adobe Acrobat Reader versi terbaru di komputer Anda. Download: 
http://www.studyjapan.go.jp/pdf/applications/2018/2018_Placement_JapaneseStudies_JE.pdf.
Pilih maksimal 3 universitas yang terdapat dalam “Course Guide of Japanese Studies Program 2018”. Download disini (PDF)
Fotokopi transkrip nilai dari semester satu sampai saat ini.
Transkrip nilai dalam bahasa Jepang atau Inggris, dilegalisasi/cap basah oleh universitas.
Surat Keterangan Mahasiswa.
Surat yang menerangkan bahwa pelamar adalah mahasiswa dari jurusan dan universitas tersebut. Surat harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir mahasiswa, dan dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris. Satu surat untuk satu mahasiswa.
Surat rekomendasi dari ketua jurusan atau dosen pembimbing.
Surat Rekomendasi ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia (download di sini -word).
Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken/ JLPT (jika ada).

CATATAN
Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4.
Dokumen pada poin 1 (surat pengantar dari ketua jurusan), satu institusi cukup melampirkan 1 lembar saja.
Dokumen selain poin 1 dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap, yaitu 1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopi. Disusun sesuai urutan di atas (poin 2 sampai 8).
Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

PROSEDUR PENDAFTARAN
Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
Pelamar melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id
Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan print-out e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.
Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan sebelumnya.

Berkas dikirim atau diserahkan langsung ke:
Kedutaan Besar Jepang
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Jl. M. H. Thamrin 24 
Jakarta 10350
Pengiriman berkas dilakukan secara kolektif dan dengan rekomendasi dari institusi yang bersangkutan, bukan perorangan.
Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 12 JANUARI 2018.

Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima sebelum deadline yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

TAHAP PENYELEKSIAN
Sistem penyeleksian yang digunakan adalah sistem gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini terbagi menjadi 5 tahap yaitu :
Seleksi Dokumen.
Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 29 Januari 2018. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
Ujian Tulis
Pada tahap ini Anda akan menghadapi ujian bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar dan Makassar.
Ujian Wawancara
Bagi yang lulus ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.
Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Juli 2018.

FAQ
Berikut merupakan pertanyaan yang sering diajukan ke Kedutaan Besar Jepang terkait beasiswa Monbukagakusho program Japanese Studies. Silakan pelajari di sini.

KONTAK
Apabila ada pertanyaan, silakan hubungi Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang di nomor (021) 3192-4308 atau e-mail beasiswa(a)dj.mofa.go.jp (silahkan mengganti '(a)' dengan '@' sebelum mengirim email).

SUMBER : http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

Comments

Popular posts from this blog

99 KATA-KATA HIKMAH BAHASA ARAB (محفوظات)

99 KATA-KATA HIKMAH BAHASA ARAB (محفوظات) 1. ﻣَﻦْ ﺟَﺪَّ ﻭَﺟَﺪَ 1. Barang siapa bersungguh-sungguh, dapatlah ia. 2. ﻣَﻦْ ﺻَﺒَﺮَ ﻇَﻔِﺮَ 2. Barang siapa sabar beruntunglah ia. 3. ﻣَﻦْ ﺳَﺎﺭَ ﻋَﻠﻰَ ﺍﻟﺪَّﺭْﺏِ ﻭَﺻَﻞَ 3. Barang siapa berjalan pada jalannya sampailah ia 4. ﻣَﻦْ ﻗَﻞَّ ﺻِﺪْﻗُﻪُ ﻗَﻞَّ ﺻَﺪِﻳْﻘُﻪُ 4. Barang siapa sedikit benarnya/kejujurannya, sedikit pulalah temannya. 5. ﺟَﺎﻟِﺲْ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟﺼِّﺪْﻕِ ﻭَﺍﻟﻮَﻓَﺎﺀِ 5. Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji. 6. ﻣَﻮَﺩَّﺓُ ﺍﻟﺼَّﺪِﻳْﻖِ ﺗَﻈْﻬَﺮُ ﻭَﻗْﺖَ ﺍﻟﻀِّﻴْﻖِ 6. Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan. 7. ﻭَﻣَﺎﺍﻟﻠَّﺬَّﺓُ ﺇِﻻَّ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻌَﺐِ 7. Tidak kenikmatan kecuali setelah kepayahan. 8. ﺍﻟﺼَّﺒْﺮُ ﻳُﻌِﻴْﻦُ ﻋَﻠﻰَ ﻛُﻞِّ ﻋَﻤَﻞٍ 8. Kesabaran itu menolong segala pekerjaan. 9. ﺟَﺮِّﺏْ ﻭَﻻَﺣِﻆْ ﺗَﻜُﻦْ ﻋَﺎﺭِﻓًﺎ 9. Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu. 10. ﺍُﻃْﻠُﺐِ ﺍﻟﻌِﻠْﻢَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻤَﻬْﺪِ ﺇِﻟﻰَ ﺍﻟﻠَّﺤْﺪِ 10. Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur. 1

Kumpulan Makhfudzot (Kata-kata Mutiara)

Kumpulan Makhfudzot (Kata-kata Mutiara beserta Terjemahannya) 1. مَنْ جَدَّ وَجَدَ 2. مَنْ سَارَ عَلَى الدَرْبِ وَصَلَ 3. مَن صَبَرَ ظَفِرَ 4. مَنْ قَلَّ صِدْقُهُ قَلَّ صَدِيْقُهُ 5. جَالِسْ أَهْلَ الصِدْقِ وَ الوَفَاءِ 6. مَوَدَّةُ الصَدِيْقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِيْقِ 7. وَمَااللَّذَّةُ إِلاَّ بَعْدَ التَعَبِ 8. الصَبْرُ يُعِيْنُ عَلَى كُلِّ عَمَلٍ 9. جَرِّبْ وَلاَحِظْ تَكُنْ عَارِفًا 10. اطْلَبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلىَ اللَحْدِ 11. بَيْضَةُ اليَوْمِ خَيْرٌ مِنْ دَجَاجَةِ الغَدِ 12. الوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَهَبِ 13. العَقْلُ السَلِيْمُ فىِ الجِسْمِ السَلِيْمِ 14. خَيْرُ جَلِيْسٍ فىِ الزَمَانِ كِتَابٌ 15. مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ 16. خَيْرُ الأَصْحَابِ مَنْ يَدُلُّكَ عَلَى الخَيْرِ 17. لَوْلاَ العِلْمُ لَكَانَ النَاسُ كَالبَهَائِمِ    18. العِلْمُ فىِ الصِغَرِ كَالنَقْشِ عَلَى الحَجَرِ 19. لَنْ تَرْجِعَ الأَيَّامُ التِى مَضَتْ 20. تَعَلَّمَنْ صَغِيْرًا وَاعْمَلْ بِهِ كَبِيْرًا 21. العِلْمُ بِلاَ عَمَلٍ كَالشَجَرِ بِلاَ ثَمَرٍ 22. الإِتِّحَادُ أَسَاسُ النَ

Panggung Gembira 62017 Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Jawa Timur

Panggung Gembira 62017 pada tanggal 5 Januari 2017 di Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Jawa Timur MENGGUNCANG DUNIA, dengan jumlah personil kelas akhir hanya 19 santriwan bisa mengadakan acara yang sangat luar biasa. Selamat menyaksikan