Skip to main content

CONTOH LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN STMIK INDONESIA


LAPORAN AKHIR
PENELITIAN DOSEN STMIK INDONESIA



 



APLIKASI PEMETAAN KOST DAN KONTRAKAN
DI SEKITAR KAMPUS DAN INSTANSI DI KOTA PADANG


Tahun ke 1 dari rencana 1 tahun


Tim Pengusul:

Keukeu Rohendi, M.Kom/NIDN 1013118703 (Ketua)
Luri Setiawan/NIM 131100062 (Anggota Mahasiswa)


Dibiayai oleh STMIK Indonesia Padang dengan Kontrak Penelitian
Nomor: 895.003/A.12/STMIK-I/2016



YAYASAN AMAL BAKTI MUKMIN PADANG
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(STMIK) INDONESIA
PADANG
MEI 2017

HALAMAN PENGESAHAN



Judul   : Aplikasi Pemetaan Kost Dan Kontrakan disekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang

Peneliti/Pelaksana
Ketua                                                                         
a.  Nama Lengkap                              : Keukeu Rohendi, M.Kom
b. NIDN                                            : 1013118703
c.  Jabatan Fungsional                        : Asisten Ahli
d. Program Studi                               : Sistem Informasi
e.  No.Hp/Surel                                  : 087776006062/keukeurohendi@stmikindonesia.ac.id
Anggota (1)                                                               
a. Nama Lengkap                              : Luri Setiawan
b. NIM                                              : 131100062
Tahun Pelaksanaan                                 : Tahun ke-1 dari rencana 1 tahun
Biaya Penelitian Keseluruhan                : Rp. 3.000.000,00
-          dana internal PT                         : Rp. 3.000.000,00
-          dana institusi lain                       : -


Padang, 24 Mei 2017
Mengetahui,                                                                Ketua Peneliti,
Ketua Prodi Sistem Informasi
STMIK Indonesia




Rahmadini Darwas, M.MSI                                     Keukeu Rohendi, M.Kom
NIDN 1023078402                                                     NIDN 1013118703


Meyetujui,
Ketua LPPM STMIK Indonesia




Dr. Wahyudi, S.Kom, M.Sc
NIDN 1022126902




RINGKASAN

Dalam pencarian kost dan kontrakan khususnya di kota Padang, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya mendapatkan informasi dari hasil komunikasi dengan orang lain ataupun langsung mencari ke lapangan, ini diakibatkan karena belum adanya sistem yang menyediakan informasi tentang kost dan kontrakan, para pemilik kost dan kontrakan mempublikasikan layanan jasa kost dan kontrakannya masih dalam bentuk brosur ataupun spanduk, sehingga  mengakibatkan  para  mahasiswa tidak  dapat menemukan  informasi  kost ataupun kontrakan  yang  sesuai dengan keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sarana informasi tentang kost dan kontrakan berbentuk sistem informasi geografis dimana aplikasi ini dapat melakukan pencarian kost dan kontrakan serta lokasinya dengan menggunakan Google Maps API. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi titik lokasi pencari kost dan kontrakan berada sehingga pencari dapat mengetahui titik lokasi kost dan kontrakan yang terdekat dari lokasinya.


Kata Kunci: Aplikasi, Pemetaan, Kost dan Kontrakan, Google Maps API.




ABSTRACT

MAPPING APPLICATION BOARDING HOUSE AROUND CAMPUS AND INSTANCE IN PADANG CITY

In search of boarding house especially in Padang city, students and the general public to get information from communications with others or directly looking into the field, is caused by the absence of a system providing information about boarding house, the owners of the boarding house publish a service boarding house services still in the form of brochures or banners, resulting in students not able to find information about boarding house as they wish. This study aims to provide a means of information about the boarding house shaped geographic information system where the application is able to search boarding house and its location using the Google Maps API. This application can also detect the point of boarding house and search locations were so that the search can determine the location of the point of boarding house the closest location.


Keywords: Application, Mapping, boarding  house, Google Maps API.



PRAKATA

Puji syukur disanjungkan kepada Allah SWT yang sudah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan penelitian di Kota Padang, salawat serta salam disampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah memberi tauladan bagaimana menjalani kehidupan didunia ini.
Penelitian ini tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa kerja sama yang baik antara peneliti, anggota peneliti, Jurusan Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang dan Yayasan Amal Bakti Mukmin Padang. Peneliti juga mengucapkan terima kasih kepada LPPM-STMIK Indonesia Padang yang dengan baik untuk membantu proses diterimanya serta proses administrasinya.
Mudah-mudahan bantuan yang diberikan untuk kelancaran penelitian ini, diganjar pahala berlipat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah.



DAFTAR ISI

RINGKASAN ii
ABSTRACT iii
PRAKATA iv
DAFTAR ISI v
DAFTAR TABEL vi
DAFTAR GAMBAR vii
DAFTAR LAMPIRAN ix
BAB I  PENDAHULUAN 1
1.1. Latar Belakang Penelitian 1
1.2. Perumusan Masalah 1
1.3. Luaran Penelitian 2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 3
2.1. Pengertian Aplikasi 3
2.2. Pengertian Sistem Informasi 3
2.3. Komponen Siste Informasi 4
2.4. Pemetaan, Kost dan Kontrakan 5
2.5. Sistem Informasi Geografis 6
2.6. Google Maps API 8
2.7. PHP 8
BAB III TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN 10
3.1. Tujuan Penelitian 10
3.2. Pengembangan IPTEK 10
BAB IV METODE PENELITIAN 11
4.1. Metode Penelitian 11
4.2. Lokasi Penelitian 11
4.3. Analisis Data 11
BAB V HASIL DAN LUARAN 13
5.1. Desain Global 13
5.2. Aktifity Diagram 13
5.3. Squence Diagram 17
5.4. Desain Terinci 21
5.5. Desain dan Implementasi 29
5.6. Implementasi Sistem 29
5.7. Hasil dan Pengujian 30
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 41
6.1. Kesimpulan 41
6.2. Saran 41
DAFTAR PUSTAKA 42
LAMPIRAN 43


DAFTAR TABEL

Tabel 1 Desain Informasi Data Kost dan Kontrakan 21
Tabel 2 Desain Informasi Data Pemilik Kost dan Kontrakan 21
Tabel 3 Desain Informasi Data Pencari Kost dan Kontrakan 21
Tabel 4 Desain Informasi Data Kampus/Instansi 21
Tabel 5 Desain Informasi Data Booking Kost/Kontrakan 22
Tabel 6 Tabel Kost/Kontrakan 22
Tabel 7 Tabel Kampus/Instansi 23
Tabel 8 Tabel Data Admin 23
Tabel 9 Tabel User 23
Tabel 10 Tabel Booking Kost/Kontrakan 24



DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Komponen  Sistem Informasi 5
Gambar 2 Ilustrasi Sub-Sistem SIG 7
Gambar 3 Tampilan Google Maps 9
Gambar 4 Activity Diagram Admin 13
Gambar 5 Activity Diagram Registrasi User 14
Gambar 6 Activity Diagram Input Data dan Lokasi Kost dan Kontrakan 15
Gambar 7 Activity Diagram Lihat Data dan Lokasi Kost/Kontrakan 15
Gambar 8 Activity Diagram Booking Kost/Kontrakan 16
Gambar 9 Activity Diagram Konfirmasi Booking 17
Gambar 10 Sequence Diagram Admin 18
Gambar 11 Sequence Diagram Pemilik Kost/Kontrakan 18
Gambar 12 Sequence Diagram Pencari Kost/Kontrakan 19
Gambar 13 Class Diagram 20
Gambar 14 Desain Input Registrasi User 25
Gambar 15 Desain Input Data Kost dan Kontrakan 25
Gambar 16 Desain Input Data Kampus/ Instansi 26
Gambar 17 Desain Input Data Admin 26
Gambar 18 Desain Proses Pencarian Kost/ Kontrakan 27
Gambar 19 Desain Proses Pencarian Kost/ Kontrakan Terdekat 27
Gambar 20 Desain Proses Booking Kost/ Kontrakan 28
Gambar 21 Halaman Utama Pengunjung 30
Gambar 22 Halaman Registrasi 31
Gambar 23 Halaman  Login 31
Gambar 24 Menu Utama Pemilik Kost/ Kontrakan 32
Gambar 25 Input Data Kost dan Kontrakan beserta Lokasinya 33
Gambar 26 Pemetaan dan Pencarian Lokasi Kost/Kontrakan Terdekat dari Lokasi User Berada 34
Gambar 27 Halaman Detail dan Booking 35
Gambar 28 Sebaran Kost/Kontrakan 36
Gambar 29 Halaman Input Data Admin 37
Gambar 30 Halaman Input Data Kampus/Instansi 37
Gambar 31 Informasi Data Kost dan Kontrakan 38
Gambar 32 Informasi Data User 38
Gambar 33 Informasi  Data Booking 39
Gambar 34 Informasi  Data Kampus dan Instansi 39


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Susunan Organisasi Tim Peneliti & Pembagian Tugas 43
Lampiran 2. Riwayat Hidup Ketua Tim Peneliti/Pelaksana 44
Lampiran 3. Riwayat Hidup Anggota Tim Peneliti/Pelaksana 48
Lampiran 4. HKI Dan Publikasi 51


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Penelitian
Kecanggihan teknologi berkembang cukup pesat, keadaan ini semakin mendorong manusia untuk terus melakukan berbagai macam percobaan dan penelitian untuk pengembangan maupun penemuan cara-cara baru guna memberikan manfaat lebih untuk mempermudah   manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Dalam bidang teknologi informasi, di era  yang  super  cepat  ini  kecepatan akses  informasi telah menjadi popularitas dalam dunia pembelajaran ilmu teknologi, sehingga dalam dunia pembelajaran selalu dikaitkan dengan kecanggihan dan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang pesat.
Dalam hal ini sebagian besar manusia lebih banyak menggunakan   internet sebagai jasa yang utama, tidak hanya mudah diakses namun menghemat waktu dan biaya. Fasilitas-fasilitas dari software-software yang dapat diakses oleh internet tidak urung mempermudah pemakai dalam memperoleh informasi dengan mudah.
Di kota Padang, khususnya bagi mahasiswa sangatlah sulit mendapatkan kost dan kontrakan yang harganya murah, asri, dan dekat kampus. Mereka perlu berputar-putar dan mencari dan bertanya-tanya kepada orang lain untuk mendapatkan informasi tersebut. Ketika sudah mendapatkan kost, ternyata semua kamar penuh dan harganyapun belum tentu sesuai yang diharapkan. Bertolak dari uraian di atas, maka penulis tertarik membuat penelitian yang berjudul “Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di Sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang”. Aplikasi ini berfungsi sebagai sarana dan solusi untuk memudahkan mahasiswa dan pemilik kost atau kontrakan untuk mencari dan mempromosikan kost atau kontrakan yang berada di sekitar kampus dan instansi yang ada di kota Padang.

1.2. Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana merancang sebuah sistem informasi yang menyimpan data konkrit dari letak dan informasi kost dan kontrakan yang ada di kota Padang sehingga mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengetahui detail rincian dari kost dan kontrakan yang ada dan kemudian disajikan dalam bentuk map atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) menggunakan Google Maps ?

1.3. Luaran Penelitian
Setelah dilaksanakannya penelitian ini, adapun keluaran yang akan diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Melalui penelitian ini diharapkan nantinya dapat diintegrasikan dan dikembangkan Aplikasi Pemetaan Kost Dan Kontrakan di Sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang.
2. Pengayaan bahan ajar untuk program Sistem Informasi
3. Publikasi jurnal ilmiah berkaitan dengan bidang sistem informasi maupun teknik komputer di jurnal IJCS : Indonesian Journal Of Computer Science ISSN 2302-4364 (print) dan 2549-7286 (online)




BAB II
 TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Pengertian Aplikasi
Kata-kata mengenai aplikasi mungkin tidak asing lagi bagi kita. Pengertian aplikasi berkembang sesuai dengan lingkungan dimana aplikasi itu diterapkan. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Indrajani (2014:4), bahwa “aplikasi adalah program yang menentukan aktivitas pemrosesan informassi yang di butuhkan untuk penyelesaian tugas-tugas khusus dari pemakai komputer”.
Sedangkan menurut Fatansyah (2012:16), bahwa “aplikasi (perangkat lunak) lain ini bersifat optional. Artinya, ada atau tidaknya tergantung pada kebutuhan kita”. DBMS yang kita gunakan lebih berperan dalam pengorganisasian data dalam basis data, sementara bagi pemakai basis data (khususnya yang menjadi end-user/neive-user) dapat dibuatkan program khusus untuk melakukan pengisian, pengubahan dan pengambilan data. Program ini ada yang sudah di sediakan bersama dengan DBMS-nya, ada juga yang harus dibuat sendiri dengan mengunakan aplikasi lain yang khususnya untuk itu (development tools)”.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah sekelompok komponen dan elemen yang saling berkaitan dan independen satu sama lain untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

2.2. Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Sutabri 2014:40)
Dalam referensi lain, Rusdiana dan Irfan (2014:200) mendefenisikan sistem informasi adalah “sekumpulan hardware, software, dan brainware, prosedur dan aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi infomasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan”.
Dari pendapat ahli di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kumpulan komponen dan elemen menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi yang diperlukan oleh pihak tertentu dalam pengambilan keputusan.

2.3. Komponen Sistem Informasi
Menurut Sutabri (2014:41), sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran. Dengan demikian sistem informasi mempunyai enam buah komponen yaitu:
a. Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Yang dimaksud dengan input di sini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
b. Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi fata input fan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c. Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
d. Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi digunakan utuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
e. Blok Basis Data (Database Block)
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan perangkat lunak digunakan untuk memanipulasinya.
f. Blok Kendali (Control Block)
Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dicegah dan bila terlanjur terjadi maka kesalahan-kesalahan dapat dengan cepat diatasi.
Untuk lebih jelasnya komponen sistem informasi dapat dilihat pada gambar 1 berikut :

Gambar 1 Komponen  Sistem Informasi
        Sumber: Tata Sutabri (2014:41), Sistem Informasi Manajemen
2.4. Pemetaan, Kost dan Kontrakan
1. Pemetaan
a. Pengertian Peta
Peran peta dalam Sistem Informasi Geografis dianggap penting, selain menjadi salah satu sumber data peta pun dapat menjadi salah satu media untuk membantu orang-orang memahami wilayah yang akan dikerjakan. Setiap peta memiliki tujuan yang berbeda-beda, tentu saja ini tergantung dari si pembuat peta. (Irwansyah 2013:17).
Jadi pemetaan merupakan kegiatan merancang objek-objek permukaan secara rinci, diperkecil menurut ukuran geometris dan di gambar pada bidang datar untuk tujuan tertentu.
b. Jenis-Jenis Peta Geografis
Menurut Prahasta (2014: 95) peta adalah “suatu representatif atau gambaran unsur-unsur atau kenampakan abstrak-abstrak yang dipilih dari permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan”.
Adapun jenis-jenis peta geografis menurut Prahasta (2014:95) sebagai berikut:
1. Peta timbul adalah peta yang menggambarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya, misalnya peta relief.
2. Peta datar(peta biasa) adalah peta yang terdapat pada suatu pita magnetik atau disket, sedangkan pengolahan dan penyajian datanya menggunakan komputer.
2. Kost dan Kontrakan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), defenisi kost (Indekos) adalah : tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa makan (dengan membayar setiap bulan); memondok. Sewa : pemakaian sesuatu dengan membayar uang. Kontrakan : yang dikontrak atau disewa (tentang rumah dan sebagainya). (http://www.kostindekost.com/2016/05/09/kost-sewa-dan-kontrakan/, diakses Tanggal 12 Januari 2017).
Dalam defenisi lain kost merupakan salah satu tempat penyedia jasa penginapan atau tempat tinggal sementara yang terdiri dari beberapa kamar dan setiap kamar memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan atau disediakan dan juga mempunyai harga yang telah ditentukan oleh pemilik kost sedangkan lama waktu penyewaan ditentukan sendiri oleh si penyewa kamar. (Syahwari 2012).
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kost merujuk pada sewa kamar atau sebuah ruangan dengan sistem pembayaran bulanan. "Sewa" atau "kontrakan" merujuk pada sewa rumah atau sebuah bangunan dengan sistem pembayaran tahunan.

2.5. Sistem Informasi Geografis (SIG)
1. Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)
Menurut Prahasta (2014:95) bahwa “Sistem Informasi Geografis merupakan gabungan tiga unsur pokok yakni sistem, informasi, dan geografis. Jadi, Sistem Informasi Geografis  merupakan sejenis perangkat lunak, perangkat keras, manusia, prosedur, basis data, dan fasilitas jaringan komunikasi yang digunakan untuk memfasilitasi proses-proses pemasukan, penyimpanan, memanipulasi, menampilkan, dan keluaran data/informasi”.
 Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information  System  (GIS)  adalah  sebuah  sistem  yang  didesain untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisa, mengatur dan menampilkan seluruh jenis data geografis. (Irwansyah 2013:1)
2. Sub-Sistem SIG
Berikut gambaran subsistem SIG seperti yang terdapat pada gambar 2 berikut :





Gambar 2 Ilustrasi Sub-Sistem SIG
        Sumber: Eddy Prahasta (2014: 103), Sistem Informasi Geografis
Penjelasan dari gambar diatas sebagai berikut:
a. Data Input
Mengumpulkan, mempersiapkan, dan menyimpan data spasial dan atributnya. Sub-sistem ini bertanggung jawab dalam mengonversikan format data aslinya ke dalam format Sistem Informasi Geografis nya.
b. Data Output
Menampilkan dan menghasilkan keluaran basisdata spasial softcopy dan hardcopy seperti halnya tabel, grafik, repot, peta, dan lain sebagainya.
c. Data Management
Mengorganisasikan data spasial dan tabel atribut ke dalam sistem basis data hingga mudah untuk dipanggil kembali, diupdate dan diedit.
d. Data Manipulation dan Analysis
Menentukan informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Geografis. Selain itu, sub-sistem ini memanipulasi dan memodelkan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan.

3. Komponen-Komponen SIG
Menurut Prahasta (2014:104) menjelasakan bahwa, “SIG merupakan sistem kompleks yang umumnya terintegrasi dengan sistem komputer lainnya ditingkat fungsional dan jaringan. Jika diuraikan , SIG terdiri dari komponen dengan berbagai karakteristiknya”, yaitu:
a. Perangkat keras.
Sistem Informasi Geografis tersedia di berbagai platform perangkat keras mulai dari kelas PC desktop, workstations, hingga multi-user. Adapun perangkat keras yang sering digunakan untuk aplikasi SIG adalah komputer (PC/CPU), keyboard, monitor (plus VGA-card grafik) yang beresolusi tinggi, digitizer, printer, plotter, receiver GPS, dan scanner.


b. Perangkat lunak.
SIG merupakan sistem perangkat lunak dimana sistem basis datanya memegang peranan kunci.
c. Data dan informasi geografis
SIG dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu  data  grafis  (spasial)  yaitu  data  yang  menggambarkan  bentuk  atau  kenampakan objek  di  permukaan  bumi   dan  data  atribut. Data spasial adalah data grafis yang mengidentifikasikan kenampakkan lokasi geografi berupa titik garis, dan poligon. Data spasial diperoleh dari peta yang disimpan dalam bentuk digital (numerik).
1) Titik
Sebuah titik dapat menggambarkan objek geografi yang berbeda-beda menurut skalanya. Sebuah titik menggambarkan kota jika pada peta skala kecil, tetapi menggambarkan objek tertentu yang ebih spesifik dalam wilayah kota, misalnya pasar, jika pada peta skala besar.
2) Garis
Sebuah garis juga dapat menggambarkan objek geografi yang berbeda-beda menurut skalanya. Sebuah garis menggambarkan jalan atau sungai pada peta skala kecil, tetapi menggambarkan batas wilayah administratif pada peta skala bear.
3) Area
Seperti halnya titik dan garis, area juga dapat menggambarkan objek yang berbeda menurut skalanya. Area dapat menggambarkan wilayah hutan atau sawah pada peta skala besar.
d. Manajemen
Proyek SIG akan berhasil jika dikelola dengan baik dan  dikerjakan oleh orang yang memiliki keakhlian yang tepat pada semua tingkatan.
2.6. Google Maps API
Google Maps API adalah sebuah layanan (service) yang diberikan oleh Google kepada para pengguna untuk memanfaatkan Google Maps dalam mengembangkan aplikasi. Google Maps API menyediakan beberapa fitur untuk memanipulasi peta, dan menambah konten melalui berbagai jenis services yang dimiliki, serta mengijinkan kepada pengguna untuk membangun aplikasi enterprise di dalam websitenya. (Soepomo,dkk:2013).


Gambar 3 Tampilan Google Maps

2.7. Pearl Hypertext Preprocessor (PHP)
PHP (Pearl Hypertext Preprocessor) adalah kode atau skrip yang akan dieksekusi pada server side. Skrip PHP akan membuat suatu aplikasi dapat di integrasikan ke dalam HTML, sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun menjadi bersifat dinamis. Sifat server side berarti pengerjaan skrip dilakukan di server, kemudian hasilnya di kirimkan ke browser. (Sutaji, 2012:2)
Sedangkan menurut Putra (2014:29) bahwa “Hypertext Preprocessor (PHP)merupakan scipt yang menyatu dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting)”.
Ada empat macam cara penulisan kode PHP, yaitu:
1. <? Echo (“Ini adalah script PHP\n”); ?>
2. <?php echo (“Ini juga\n”); ?>
3. <script  language=”php”>
Echo  (“tulis pake ini jika html editor Anda tidak mengenali PHP”);
</script>
4. <% echo (“kalau yang ini mirip dengan ASP”);%>

Berdasarkan defenisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa “Hypertext Preprocessor (PHP) merupakan suatu kode atau script yang menyatu dengan HTML dan beberapa server, yang digunakan untuk membangun teknologi web application”.

BAB III
TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

3.1 Tujuan Penelitian
Penelitian ini secara umum bertujuan menganalisa sejauhmana efesiensi teknologi komunikasi visual interaktif informasi promosi di STMIK Indonesia Padang. Adapun objektif dari penelitian yang akan dilaksanakan sebagai berikut:
1. Membangun website pemetaan kost dan kontrakan di sekitar kampus dan instansi  di kota Padang.
2. Untuk mengefektifkan dan efisiensi dalam pencarian dan promosi kost atau kontrakan yang berada di sekitar kampus dan instansi di kota Padang.

3.2 Pengembangan IPTEKS
Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komputer sebagai Sebagai media untuk mencari kost atau kontrakan di sekitar kampus dan instansi di kota Padang dan menghemat biaya akomodasi dalam pencarian kost atau kontrakan tersebut. Sedangkan Bagi Pemilik kost atau kontrakan yaitu sebagai media promosi kost atau kontrakan yang dikelolanya, adapun bagi peneliti yaitu Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, serta menambah wawasan tentang sistem yang berbasis web dan pemetaan sebuah lokasi.


BAB IV
METODE PENELITIAN

4.1. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian R&D adalah aktivitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), kemudian dilanjutkan kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut.
Menurut Borg dan Gall (1996) dalam (Maimunah, Lusyani Sunarya, Suharnianti. 2009) terdiri dari sepuluh tahap, yaitu; (1) Penelitian dan Pengumpulan data awal, (2) Perencanaan, (3) Pembuatan Produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Perbaikan Produk awal, (6) Uji coba lapangan, (7) Perbaikan produk operasional menghasilkan aplikasi promosi pariwisata berbasis multimedia interaktif dalam bentuk Compact Disk dan dapat digunakan Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Pesisir Selatan untuk sarana promosi pariwisata, (8) Uji coba operasional, (9) Perbaikan Produk akhir dan (10) Diseminasi Nasional. Dalam penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ke-1 sampai tahap ke-7, sesuai dengan kebutuhan pada aplikasi promosi pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
Namun dalam Tim Puslitjaknov (2008: 11) dalam (Maimunah, Lusyani Sunarya, Suharnianti. 2009), prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall dapat dilakukan dengan lebih sederhana melibatkan 5 langkah utama, yaitu; (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) Mengembangkan produk awal; (3) Validasi ahli dan revisi; (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.

4.2. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan bersama di sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang, pemilihan lokasi tersebut karena akan dijadikan mitra dalam mengembangkan keahlian serta meningkatkan atmosfer ilmiah melakukan penelitian.



4.3. Analisis Data
Data fisik berkaitan data analisa komunikasi visual interaktif berkaitan sfesifikasi aplikasi hardware dan software
Data primer diperoleh dari pengumpulan data menggunakan kuissioner. Variabel yang diteliti diantaranya: jenis kelamin responden, umur, latar belakang pendidikan dalam merespon aplikasi komunikasi visual
Analisis data untuk data primer dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dalam bentuk frekuensi rata-rata.


BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN

5.1. Desain Global
Desain global adalah suatu perancangan yang memerankan elemen-elemen secara garis besar, dan hal-hal pendukung untuk terwujudnya sistem yang baru. Berdasarkan analisis yang dilakukan sebelumnya, maka pemodelan yang digunakan yaitu Unified Modelling Language (UML) yang mencakup Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram.

5.2. Activity Diagram
1. Activity diagram admin
Pada Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang diperlukan aturan tentang hak dalam mengakses aplikasi, yang memiliki hak akses lebih dibandingkan dengan user biasa yaitu admin. Activity diagram admin mengambarkan segala aktivitas yang biasa dilakukan oleh admin terhadap pilihan menu yang ada pada admin, seperti yang terdapat pada gambar 6 berikut ini :

Gambar 4 Activity Diagram Admin
2. Activity Diagram Registrasi User
Registrasi user berfungsi untuk membuat akun pemilik atau pencari kost dan kontrakan, agar bisa mempromosikan atau membooking kost dan kontrakan dalam aplikasi ini.

Gambar 5 Activity Diagram Registrasi User

3. Activity Diagram Input Data dan Pemetaan Kost dan Kontrakan
Input data dan pemetaan kost dan kontrakan berfungsi untuk menginputkan informasi tentang spesifikasi dan lokasi kost dan kontrakan yang akan ditampilkan pada aplikasi pemetaan kost dan kontrakan ini.

Gambar 6 Activity Diagram Input Data dan Lokasi Kost dan Kontrakan
4. Activity Diagram  Lihat Data dan Lokasi Kost dan Kontrakan
Lihat kost dan kontrakan berfungsi untuk menampilkan data kost dan kontrakan yang diinputkan oleh admin maupun pemilik kost dan kontrakan.

Gambar 7 Activity Diagram Lihat Data dan Lokasi Kost/Kontrakan
5. Activity Diagram  Booking Kost dan Kontrakan
Booking kost dan kontrakan berfungsi untuk pemesanan kost atau kontrakan yang dilakukan oleh user (pencari kost atau kontrakan).

Gambar 8 Activity Diagram Booking Kost/Kontrakan

4. Activity Diagram Konfirmasi Booking
Konfirmasi booking berfungsi untuk mengkonfirmasi kost dan kontrakan yang dipesan oleh pencari kost dan kontrakan.

Gambar 9 Activity Diagram Konfirmasi Booking

5.3. Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antara objek di dalam dan di sekitar sistem, termasuk pengguna dan antarmuka pengguna. Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Untuk penjelasan mekanisme sistem tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
a. Sequence Diagram Admin
Admin adalah bagian pengguna sistem yang memilik hak akses lebih dibandingkan dengan user lainnya, untuk penjelasan mekanisme sistem tersebut dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 10 Sequence Diagram Admin
b. Sequence Diagram Pemilik Kost/Kontrakan
Diagram ini menjelaskan urutan langkah-langkah yang dilakukan pemilik kost/kontrakan untuk melakukan aktifitas dalam aplikasi.

Gambar 11 Sequence Diagram Pemilik Kost/Kontrakan


c. Sequence Diagram Pencari Kost/Kontrakan
Diagram ini menjelaskan urutan langkah-langkah yang dilakukan pencari kost/kontrakan untuk melakukan aktifitas dalam aplikasi .

Gambar 12 Sequence Diagram Pencari Kost/Kontrakan
1. Class Diagram
Class Diagram mendefenisikan informasi apa yang dimiliki suatu objek serta mendefinisikan perilaku yang dimilikinya. Class mengabstraksikan elemen-elemen dari sistem yang sedang dibangun dan dirancang.

Gambar 13 Class Diagram
Adapun penjelasan dari gambar di atas:
Pada class diagram tersebut terdapat beberapa class sistem yang di rancang diantaranya: ada admin, kost/kontrakan, pemilik kost/kontrakan, pencari kost/kontrakan, kampus/instansi terdekat, booking, konfirmasi booking, dimana dalam class tersebut terdapat beberapa elemen dari class-class tersebut, sehingga elemen-elemen tersebut bisa dilakukan perubahan seperti menyimpan, menghapus, mengedit, dan menambah data.

5.4. Desain Terinci
1. Desain Output
Desain output merupakan hasil rancangan atau gambaran output-output dari aliran sistem informasi yang baru, yang dapat berupa laporan-laporan yang diinginkan baik dalam bentuk informasi ke layar atau informasi yang dicetak pada lembaran kertas. Tujuan utama desain output adalah menghasilkan suatu bentuk keluaran yang efektif, mudah dipahami, cepat, tepat waktu dan akurat.
Adapun beberapa bentuk output yang diinginkan adalah :
a. Desain Informasi Data Kost dan Kontrakan
Tabel 1 Desain Informasi Data Kost dan Kontrakan
Informasi Data Kost dan Kontrakan
No Nama Pemilik Kategori Harga Alamat Foto Tgl Post Kord_x Kord_y
9(5) x(40) x(35) 8(5) x(100) x(100) date 8(5) 8(5)
Z Z Z Z Z Z Z Z Z
9(5) x(40) x(35) 8(5) x(100) x(100) date 8(5) 8(5)
b. Desain Informasi Data Pemilik Kost dan Kontrakan
Tabel 2 Desain Informasi Data Pemilik Kost dan Kontrakan
Informasi Data Pemilik Kost dan Kontrakan
No No Telp Nama Jekel Alamat Email Username Password Tgl Daftar Foto
9(5) x(15) x(40) x(20) x(100) x(30) x(50) x(50) Date x(100)
Z Z Z Z Z Z Z Z Z Z
9(5) x(15) x(40) x(20) x(100) x(30) x(50) x(50) Date x(100)
c. Desain Informasi Data Pencari Kost dan Kontrakan
Tabel 3 Desain Informasi Data Pencari Kost dan Kontrakan
Informasi Data Pencari Kost dan Kontrakan
No No Telp Nama Jekel Alamat Email Username Password Tgl Daftar Foto
9(5) x(15) x(40) x(20) x(100) x(30) x(50) x(50) Date x(100)
Z Z Z Z Z Z Z Z Z Z
9(5) x(15) x(40) x(20) x(100) x(30) x(50) x(50) Date x(100)
d. Desain Informasi Data Kampus/Instansi
Tabel 4 Desain Informasi Data Kampus/Instansi
Informasi Data Kampus/Instansi
No Nama Kampus/Instansi Alamat
9(5) x(50) x(40)
Z Z Z
9(5) x(50) x(40)
e. Desain Informasi Data Booking Kost/Kontrakan
Tabel 5 Desain Informasi Data Booking Kost/Kontrakan
Informasi Data Booking Kost/Kontrakan
No Id Booking Nama Pemesan kode kost/kontrakan Tgl Booking Tgl Jatuh Tempo Status
9(5) x(10) x(40) x(10) Date Date x(2)
Z Z Z Z Z Z Z
9(5) x(10) x(40) x(10) Date Date x(2)

2. Desain File
Dalam merancang suatu sistem yang baik dibutuhkan beberapa jenis file yang bertujuan untuk memudahkan pengambilan informasi data. File adalah kumpulan dari record-record yang tersusun secara logis, file tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. File-file ini saling berkaitan satu sama lainnya dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakai atau user. Adapun bentuk desain file tersebut adalah sebagai berikut :
a. Desain File Data Kost/Kontrakan
Nama Database : db_kos_t_on_line
Nama Table : tb_kos_t_onl
Field key : kd_kos_t
Tabel 6 Tabel Kost/Kontrakan
No Field Type Keterangan
1 kd_kos_t Varchar(10) Kode Kost/Kontrakan
2 no_telp Varchar(15) Nomor Telp
3 nm_kos_t Varchar(40) Nama Kost/Kontrakan
4 ktg_r Varchar(35) Kategori
5 fas_lts Varchar(100) Fasilitas
6 hrg_ks Varchar(30) Harga Sewa
7 ket_ks Text Keterangan
8 alm_ks Varchar(100) Alamat Kost/Kontrakan
9 jml_kmr_ks Integer(10) Jumlah Kamar
10 id_kmp Integer(11) Id Kampus/Instansi
11 v_kos_t Integer(10) Jumlah Pengguna yang Melihat
12 ft_utm Varchar(100) Foto Utama Kost/Kontrakan
13 ft_p1 Varchar(100) Foto  1 Kost/Kontrakan
14 ft_p2 Varchar(100) Foto  1 Kost/Kontrakan
15 kordinat_x Decimal(10,6) Lattitude Peta
16 kordinat_y Decimal(10,6) Longitude Peta
17 stt_ks Integer(1) Status
18 tgl_pst Datetime Tanggal Posting

b. Desain File Data Kampus/Instansi
Nama Database : db_kos_t_on_line
Nama Table : tb_kmps
Field key : id_kmp
Tabel 7 Tabel Kampus/Instansi
No Field Type Keterangan
1 id_kmp Int(11) Id Kampus/Instansi
2 nm_kmps Varchar(50) Nama Kampus/Instansi
3 alm_kmps Text Alamat Kampus
c. Desain File Data Admin
Nama Database : db_kos_t_on_line
Nama Table : tb_ad_min_kos
Field key : id_ad_min
Tabel 8 Tabel Data Admin
No Field Type Keterangan
1 id_ad_min Varchar(6) Id Admin
2 nm_ad_min Varchar(30) Nama Admin
3 ua_ks_user Varchar(50) Usename Admin
4 ua_ks_pas Varchar(50) Password Admin
5 ft_adm Varchar(100) Foto Admin
d. Desain File Data User (Pencari dan Pemilik Kost/ Kontrakan)
Nama Database : db_kos_t_on_line
Nama Table : tb_u_ser_kos_t
Field key : no_ktp_us
Tabel 9 Tabel User
No Field Type Keterangan
1 no_hp_us Varchar(15) Nomor Telepon
2 nml_us Varchar(50) Nama Pengguna
3 je_kel_us Varchar(20) Jenis Kelamin
4 alm_us Varchar(100) Alamat
5 email Varchar(30) Email
6 ua_ks_user Varchar(50) Username
7 ua_ks_pas Varchar(50) Password
8 lev_ua Varchar(30) Level Pengguna (2=Pemilik, 3=Pencari Kost/ Kontrakan)
9 ft_us Varchar(100) Foto Pengguna
10 tgl_daf Datetime Tanggal Daftar

e. Desain File Data Booking Kost/Kontrakan
Nama Database : db_kos_t_on_line
Nama Table : tb_psn_usr_kost
Field key : id_psn_ks_us
Tabel 10 Tabel Booking Kost/Kontrakan
No Field Type Keterangan
1 id_psn_ks_us Varchar(10) Id Booking
2 no_hp_us Varchar(15) Nomor HP
3 kd_kos_t Varchar(50) Kode Kost/Kontrakan
4 metod_pemb Int(1) Cara Pembayaran
5 tgl_psn Datetime Tanggal Pesan
6 tgl_akhr Datetime Tanggal Akhir Konfirmasi
7 Stt Enum Status(Konfirmasi,Belum Konfirmasi)
3. Desain Input
Rancangan input merupakan rancangan form untuk memasukkan data ke dalam database sehingga bisa menghasilkan output yang dirancang sebelumnya.
Berikut desain input yang terdapat dalam Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di Sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang Berbasis Web:
a. Desain Input Registrasi User
Dalam desain ini user memasukkan  biodatanya yang meliputi nomor KTP, nama lengkap, jenis kelamin, nomor telepon, alamat lengkap, username dan password.

Gambar 14 Desain Input Registrasi User
b. Desain Input Data Kost/ Kontrakan

Gambar 15 Desain Input Data Kost dan Kontrakan
c. Desain Input Data Kampus/ Instansi

Gambar 16 Desain Input Data Kampus/ Instansi
d. Desain Input Data Admin

Gambar 17 Desain Input Data Admin
4. Desain Proses
Desain proses pada Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di sekitar Kampus dan Instansi di Kota di Kota Padang yaitu :
a. Desain Proses Pencarian Kost/ Kontrakan
 Pencarian informasi dan lokasi berdasarkan kampus/ instansi, seperti gambar di bawah ini:

Gambar 18 Desain Proses Pencarian Kost/ Kontrakan
b. Desain Pencarian Kost/Kontrakan Terdekat dari Lokasi User Berada
Desain proses pencarian lokasi kost/kontrakan terdekat dari lokasi user berada seperti gambar dibawah ini:

Gambar 19 Desain Proses Pencarian Kost/ Kontrakan Terdekat
c. Desain Proses Booking Kost/Kontrakan
 Desain proses booking, seperti gambar di bawah ini:

Gambar 20 Desain Proses Booking Kost/ Kontrakan

5.5. Implementasi Sistem
Tahap implementasi merupakan tahap terakhir dalam menggambarkan sistem, yaitu meletakkan sistem supaya siap dioperasikan. Implementasi berguna untuk memudahkan penerapan sistem yang disiapkan agar pengentrian data sampai pada penyajian informasi sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan.
Sebelum program diterapkan, program harus bebas terlebih dahulu dari kesalahan yang mungkin terjadi. Program diuji tiap-tiap modul dan dilanjutkan dengan pengujian kesemua modul yang telah dirangkai. Sistem ini telah dianalisa dan dirancang secara rinci. Didukung dengan teknologi yang telah diseleksi dan dipilih yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP database MySQL. Sebelum melangkah kepada tahap pemanfaatan penerapan aplikasi yang telah dirancang, ada beberapa tahapan lain yang harus dilakukan dan dipersiapkan terlebih dahulu.
1. Hardware /Perangkat Keras
Adapun perangkat keras yang dibutuhkan adalah 1 unit komputer atau laptop dengan rincian:
a. Processor Intel Inside
b. Hard Disk 500 Gb HDD
c. RAM 2 Gb
d. Flalhdisk 8 GB
e. System Type 64-bit Operating System
f. Mouse Standar
g. Keyboard Standar
2. Software / Perangkat Lunak
Untuk software, selain sistem operasi seperti windows 7 ada beberapa software pendukung lain yang harus diinstalasikan pada komputer atau laptop.
a. Microsoft Office Word 2007 /2010
b. MySQL
c. Sublime Text 3
d. SQLyog
e. Xampp v3.2.2
f. Browser Firefox /Google Chrome

5.6. Hasil dan Pengujian
Tahapan berikut ini adalah hasil dari implementasi sistem yang telah dirancang.
1. Pengunjung yang Belum Registrasi
a. Halaman Utama Pengunjung yang Belum Registrasi
Pada halaman ini akan menampilkan data-data kost dan kontrakan yang ada.

Gambar 21 Halaman Utama Pengunjung

b. Registrasi
Pada halaman ini akan menampilkan halaman registrasi pengunjung agar mempunyai akun agar bisa membooking dan mempromosikan kost/kontrakan.

Gambar 22 Halaman Registrasi
c. Halaman Login
Pada saat mengklik menu login, pengguna (user) akan diminta untuk mengisikan user name, dan password melalui form login, lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 23 Halaman  Login



2. Pemilik dan Pencari Kost/Kontrakan
a. Halaman Utama
Di halaman utama ini pemilik kost/kontrakan bisa langsung mempromosikan kost dan kontrakan yang dimiliki dengan mengklik menu buka kos. Berikut adalah tampilan halaman yang dimaksud:

Gambar 24 Menu Utama Pemilik Kost/ Kontrakan

b. Input Data Kost/Kontrakan dan Lokasinya
Di halaman input data kost/kontrakan ini, pemilik kost/kontrakan harus mengisi data kost/kontrakannya dengan benar dan lengkap, dan untuk menentukan titik lokasi kost dan kontrakannya pemilik kost/kontrakan harus mengklik pada peta agar kordinat lokasi peta bisa disimpan ke database. Berikut adalah tampilan form yang dimaksud:

Gambar 25 Input Data Kost dan Kontrakan beserta Lokasinya

c. Pemetaan dan Pencarian Lokasi  Kost/Kontrakan Terdekat dari Lokasi User Berada
Halaman pemetaan kost dan kontrakan ini menampilkan seluruh titik lokasi kost dan kontrakan, pencari kost dan kontrakan juga bisa melihat lokasinya berada dan lokasi kost/kontrakan yang terdekat dari lokasinya. Berikut tampilan dari pemetaan yang dibuat.

Gambar 26 Pemetaan dan Pencarian Lokasi Kost/Kontrakan Terdekat dari Lokasi User Berada
d. Halaman Detail dan Booking Kost/Kontrakan
Halaman booking berisi detail data kost/kontrakan beserta lokasinya yang ditampilkan melalui google maps, dan halaman ini berfungsi untuk memesan kost/kontrakan yang diinginkan oleh pencari kost/kontrakan.

Gambar 27 Halaman Detail dan Booking
e. Halaman Sebaran Kost dan Kontrakan
Halaman sebaran kost/kontrakan menampilkan seluruh titik-titik kos/kontrakan yang sebelumnya telah diinputkan oleh pemilik ataupun admin, berikut gambar halaman sebaran kost/kontrakan yang telah dibuat.


Gambar 28 Sebaran Kost/Kontrakan
3. Halaman Admin
a. Input Data Admin
Adapun yang berhak untuk menambahkan ataupun mengurangi data admin adalah si admin sendiri. Berikut tampilan halaman input data admin Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan kota Padang:


Gambar 29 Halaman Input Data Admin
b. Input Data Kampus/Instansi
Berikut tampilan halaman input data kampus/instansi Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan kota Padang:

Gambar 30 Halaman Input Data Kampus/Instansi
c. Output
1) Informasi Data Kost/Kontrakan Kota Padang.
Berikut tampilan Informasi Data Kost/Kontrakan Kota Padang:

Gambar 31 Informasi Data Kost dan Kontrakan
2) Informasi User.
Berikut tampilan informasi data User:

Gambar 32 Informasi Data User
3) Informasi Data Booking.
Berikut tampilan Informasi Data Booking:

Gambar 33 Informasi  Data Booking
4) Informasi Data Kampus dan Instansi.
Berikut tampilan informasi data Kampus dan Instansi:

Gambar 34 Informasi  Data Kampus dan Instansi



BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

6.1. Kesimpulan
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Melalui Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang ini, masyarakat akan lebih mudah dalam mencari ataupun mempromosikan kost atau kontrakannya.
2. Mahasiswa dan masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kost/kontrakan baik itu harga, alamat, fasilitas, kampus/instansi terdekat, titik lokasi kost/kontrakan terdekat dari posisinya berada.

6.2. Saran
Dengan melihat kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis mempunyai saran, agar aplikasi ini lebih bermanfaat, perlu dilakukannya sebuah promosi ataupun sosialisasi tentang aplikasi ini, agar masyarakat terutama pemilik kost dan kontrakan menginputkan data kost/kontrakan yang dimilikinya ke dalam aplikasi, sehingga pencari kost/kontrakan bisa menemukan kost/kontrakan yang diinginkannya, dan karena teknologi semakin berkembang maka alangkah lebih baik untuk pengembangan aplikasi ini dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis android.

DAFTAR PUSTAKA

Andri Wijaya, Olvhie Ayundha. (2014). Sistem Informasi Geografis Kantor Dinas Pemerintah Kota Palembang Menggunakan ArcGIS. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan 2014 (SEMANTIK 2014) Semarang:15 November 2014. ISBN: 979-26-0276-3.

Eddy Irwansyah. (2013). Sistem Informasi Geografis(Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit Digibooks.
Eddy Prahasta. (2014). Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar(Perspektif Geodesi dan Geomatika). Bandung: Penerbit Informatika.

Fatansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Penerbit Informatika.

Faya Mahdia, Fiftin Noviyanti. (2013). Pemanfaatan Google Maps API Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web (StudiKasus Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta). Jurnal Sarjana Teknik Informatika – Volume 1 No 1, Juni 2013. e-ISSN: 2338-5197.

I Made Dharmawan Setiadi, dkk (2013). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tingkat Pertumbuhan Penduduk Berbasis Web. (MERPATI 2015) Desember 2015. ISSN: 2252-3006
Indrajani. (2014). Pengantar Sistem Basis Data: Case Study All In One. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Ilham Eka Putra. (2014). Desain dan Pemrograman Web.Yogyakarta: Penerbit LeutikaPrio.
Jogiyanto. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Keukeu Rohendi (2015). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Diterbitkan di Jurnal TEKNOIF pada Vol. 3 No. 2 Oktober 2015. ISSN: 2338 – 2724.
Rosa A.S, M. Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.
Rusdiana, Moch Irfan. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Penerbit CV Pustaka Setia.
Tata Sutabri. (2012). Sistem Informasi Manajemen.Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset.
Tata Sutabri. (2014). Sistem Informasi Manajemen.Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset.
Ummu Latifah, Ramadian AT. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendonoran Darah pada UDD PMI Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal Computer Science – Speed – IJCSS - Volume 10 No 4 -  November 2013 – ijcss.unsa.ac.id

------Kost, Sewa dan Kontrakan, http://www.kostindekost.com/2016/05/09/kost-sewa-dan-kontrakan/  (Diakses Tanggal 12 Januari 2017).

LAMPIRAN 1. SUSUNAN ORGANISASI TIM PENELITI & PEMBAGIAN TUGAS

No Nama/NIDN BIDANG ILMU Alokasi Waktu (Jam/Minggu) Uraian Tugas
1 Keukeu Rohendi, M.Kom / 1013118703 Sistem Informasi 3 Jam/Minggu selama 32 minggu Survey, Analisa Data, Perancangan Aplikasi Informasi Promosi, Integrasi.
2 Luri Setiawan /
No. BP 131100062 Sistem Informasi 3 Jam/Minggu selama 32 minggu Pengujian Lapangan, Publikasi Laporan



LAMPIRAN 2. RIWAYAT HIDUP KETUA TIM PENELITI/PELAKSANA

A. IDENTITAS DIRI
1 Nama  Lengkap dan Gelar Keukeu Rohendi, S.Kom, M.Kom

2 Jenis Kelamin Laki-laki
3 Jabatan Fungsional Asisten Ahli
4 NIP/NIK/Identitas lainnya
5 NIDN 1013118703
6 Tempat dan Tanggal Lahir Pandeglang 
7 E-mail keukeurohendi@stmikindonesia.ac.id

8 Nomor Telepon/HP 087776006062
9 Alamat Kantor Jln. Khatib Sulaiman Dalam No.1 Kel. Lolong Belanti Kec. Padang Utara  Kota Padang, Pos : 25136
10 Nomor Telepon/Faks 0751-7056199 Faksimile 0751-7058322
11 Lulusan yang Telah Dihasilkan S-1 = 17 orang; S-2 = …orang; S-3 = …orang
12 Mata Kuliah yang Diampu 1. Jaringan Komputer
2. Komunikasi Data & Jaringan
3. Sistem Operasi & Network
4. Pengelolaan Instalasi Komputer

B. RIWAYAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI
S-1 S-2
Nama Perguruan Tinggi STMIK Indonesia - Padang Universitas Putra Indonesia-Padang
Bidang Ilmu Sistem Informasi Sistem Inforamasi
Tahun Masuk-Lulus 2009-2010 2010-2012
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Membangun Internet Service Provider (ISP) Internet Sehat Menggunakan Router Mikrotik v4.5 dengan Memanfaatkan Sistem Database Domain System (DNS) Nawala Studi Kasus pada STMIK Indonesia Pengaturan Firewall Berdasarkan Serangan Pada Jaringan
Nama Pembimbing/Promotor Amuharnis, M.Kom DR. Ir. Gunadi,
 Widi Nurcahyo, M.Sc

C. PENGALAMAN PENELITIAN DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Tahun Judul Penelitian Pendanaan
Sumber Jml
(JutaRp)
1 2009 Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK-1) Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kabupaten Agam Mandiri 3.5
D. KEGIATAN PROFESIONAL/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan
Sumber Jml (Juta Rp)
1 2016 Pelatihan Cara Membuat E-mail kepada Lembaga/Badan Keswadayaan Masyarakat (LKM/BKM) Seluruh Kota Padang STMIK Indonesia Padang 3,75
2 2013 Implementasi Akhlak Qur’ani Dalam Era Teknologi Informasi Di Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau-Tanah Datar 4
3 2012 Pelatihan Jaringan Komputer Pada Santriwan-Santriwati Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau-Tanah Datar 4
4 2011 Pelatihan Teknisi Komputer Pada Santriwan-Santriwati Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau-Tanah Datar 4
E. PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH DALAM JURNAL DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di Sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang Indonesian Journal of Computer Science (IJCS). Volume 6, No.1: April 2017 (ISSN 2549-7286)
2 Simulation of Premi Calculation Claims Insurance Base On Web; Case Study PT. Sinarmas Insurance Padang Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic Volume 2, No.1: Mei 2016 (ISSN 2502-096X)
3 Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Propinsi Sumatera Barat   Jurnal TEKNOIF Volume 3 No.2: Oktober 2015 (ISSN 2338-2724)
4 The Utilization of Interactive Visual Communication Technology in Establishment of Information Application for Campus Promotion Base on Multimedia Proceeding The 2nd International Conference on Business and Economics, Andalas University Press (ISBN 977208640400) 2014
5 Membangun Proxy Server CV Global Max Menggunakan Sistem Operasi Linux BlankOn 6.0 Ombilin sebagai Manajemen Akses Jaringan Jurnal eDikInformatika Volume 1 No.1: November 2014 (ISSN 2407-0491)

F. PEMAKALAH SEMINAR ILMIAH (ORAL PRESENTATION) DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat


G. KARYA BUKU DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit


H. PENGHARGAAN DALAM 10 TAHUN TERAKHIR (DARI PEMERINTAH, ASOSIASI ATAU INSTITUSI LAINNYA)
No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun
1 Pembina Pendamping Lomba Tingkat III (LT-III) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Datar Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar 2014
2 Panitia Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) Sumbar, Riau & Jambi Koordinator Gerakan Pramuka Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau 2014
3 Pembina Pendamping Raimuna Cabang Kabupaten Tanah Datar Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar 2013
4 Official Kejuaraan Tapak Suci Antar Pesantren Se-Sumatera Barat Ikatan Pesantren Sumatera Barat 2013
5 Pembina Pendamping Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) SumBar IKPM Gontor Cabang Sumatera Barat 2012
6 Pimpinan Kontingen Lomba Tingkat III Gerakan Pramuka Tanah Datar Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar 2012
7 Pembina Pendamping Perkemahan Pramuka Santri Nusantara Tahun 2012 Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat 2012
8 Pembina Pendamping Kemah Bakti Lingkungan Hidup se-Kabupaten Tanah Datar tahun 2012 Gudep 04.05 389-390 STAIN Batusangkar 2012
9 Pembina Pendamping Kemah Bakti Lingkungan Hidup se-Kabupaten Tanah Datar tahun 2011 Gudep 04.05 389-390 STAIN Batusangkar 2011


Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

  Padang, 21 April 2017
 
 
 
 
  (Keukeu Rohendi, S.Kom, M.Kom)


LAMPIRAN 3. RIWAYAT HIDUP ANGGOTA TIM PENELITI/PELAKSANA

I. IDENTITAS DIRI
1 Nama  Lengkap dan Gelar Luri Setiawan
2 Jenis Kelamin Laki-laki
3 Jabatan Fungsional
4 NIP/NIK/Identitas lainnya
5 NIM 131100062
6 Tempat dan Tanggal Lahir Talang Kuning, 23 Agustus 1994
7 E-mail setiawanluri@gmail.com
8 Nomor Telepon/HP 082387363435
9 Alamat Kantor
10 Nomor Telepon/Faks
11 Lulusan yang Telah Dihasilkan
12 Mata Kuliah yang Diampu 1.
2.
3.
4.

J. RIWAYAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI
S-1 S-2
Nama Perguruan Tinggi STMIK Indonesia Padang
Bidang Ilmu Sistem Informasi
Tahun Masuk-Lulus 2013-2017
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di Sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang
Nama Pembimbing/Promotor 1. Rifa Turaina, M.Kom.
2. Keukeu Rohendi, M.Kom

K. PENGALAMAN PENELITIAN DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Tahun Judul Penelitian Pendanaan
Sumber Jml
(JutaRp)


L. KEGIATAN PROFESIONAL/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan
Sumber Jml (Juta Rp)

M. PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH DALAM JURNAL DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun


N. PEMAKALAH SEMINAR ILMIAH (ORAL PRESENTATION) DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat


O. KARYA BUKU DALAM 5 TAHUN TERAKHIR
No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit


P. PENGHARGAAN DALAM 10 TAHUN TERAKHIR (DARI  PEMERINTAH, ASOSIASI ATAU INSTITUSI LAINNYA)
No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.



  Padang, 23 April 2017
 
 


  Luri Setiawan
 
 



LAMPIRAN 4. HKI DAN PUBLIKASI

a. Indonesian Journal of Computer Science, STMIK Indonesia Padang Vol. 6, No. 1, April 2017 (ISSN 2549-7286) Hal 116 s/d 124




UNTUK LEBIH LENGKAPNYA DOWNLOAD DI SINI

PERINGATAN :
- Sebelum di copy paste harap di baca terlebih dahulu, karena masih ada kekurangannya.
- Penulis tidak bertanggung jawab apabila ada kesalahan.

     

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

99 KATA-KATA HIKMAH BAHASA ARAB (محفوظات)

99 KATA-KATA HIKMAH BAHASA ARAB (محفوظات) 1. ﻣَﻦْ ﺟَﺪَّ ﻭَﺟَﺪَ 1. Barang siapa bersungguh-sungguh, dapatlah ia. 2. ﻣَﻦْ ﺻَﺒَﺮَ ﻇَﻔِﺮَ 2. Barang siapa sabar beruntunglah ia. 3. ﻣَﻦْ ﺳَﺎﺭَ ﻋَﻠﻰَ ﺍﻟﺪَّﺭْﺏِ ﻭَﺻَﻞَ 3. Barang siapa berjalan pada jalannya sampailah ia 4. ﻣَﻦْ ﻗَﻞَّ ﺻِﺪْﻗُﻪُ ﻗَﻞَّ ﺻَﺪِﻳْﻘُﻪُ 4. Barang siapa sedikit benarnya/kejujurannya, sedikit pulalah temannya. 5. ﺟَﺎﻟِﺲْ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟﺼِّﺪْﻕِ ﻭَﺍﻟﻮَﻓَﺎﺀِ 5. Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji. 6. ﻣَﻮَﺩَّﺓُ ﺍﻟﺼَّﺪِﻳْﻖِ ﺗَﻈْﻬَﺮُ ﻭَﻗْﺖَ ﺍﻟﻀِّﻴْﻖِ 6. Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan. 7. ﻭَﻣَﺎﺍﻟﻠَّﺬَّﺓُ ﺇِﻻَّ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻌَﺐِ 7. Tidak kenikmatan kecuali setelah kepayahan. 8. ﺍﻟﺼَّﺒْﺮُ ﻳُﻌِﻴْﻦُ ﻋَﻠﻰَ ﻛُﻞِّ ﻋَﻤَﻞٍ 8. Kesabaran itu menolong segala pekerjaan. 9. ﺟَﺮِّﺏْ ﻭَﻻَﺣِﻆْ ﺗَﻜُﻦْ ﻋَﺎﺭِﻓًﺎ 9. Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu. 10. ﺍُﻃْﻠُﺐِ ﺍﻟﻌِﻠْﻢَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻤَﻬْﺪِ ﺇِﻟﻰَ ﺍﻟﻠَّﺤْﺪِ 10. Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur. 1

Kumpulan Makhfudzot (Kata-kata Mutiara)

Kumpulan Makhfudzot (Kata-kata Mutiara beserta Terjemahannya) 1. مَنْ جَدَّ وَجَدَ 2. مَنْ سَارَ عَلَى الدَرْبِ وَصَلَ 3. مَن صَبَرَ ظَفِرَ 4. مَنْ قَلَّ صِدْقُهُ قَلَّ صَدِيْقُهُ 5. جَالِسْ أَهْلَ الصِدْقِ وَ الوَفَاءِ 6. مَوَدَّةُ الصَدِيْقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِيْقِ 7. وَمَااللَّذَّةُ إِلاَّ بَعْدَ التَعَبِ 8. الصَبْرُ يُعِيْنُ عَلَى كُلِّ عَمَلٍ 9. جَرِّبْ وَلاَحِظْ تَكُنْ عَارِفًا 10. اطْلَبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلىَ اللَحْدِ 11. بَيْضَةُ اليَوْمِ خَيْرٌ مِنْ دَجَاجَةِ الغَدِ 12. الوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَهَبِ 13. العَقْلُ السَلِيْمُ فىِ الجِسْمِ السَلِيْمِ 14. خَيْرُ جَلِيْسٍ فىِ الزَمَانِ كِتَابٌ 15. مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ 16. خَيْرُ الأَصْحَابِ مَنْ يَدُلُّكَ عَلَى الخَيْرِ 17. لَوْلاَ العِلْمُ لَكَانَ النَاسُ كَالبَهَائِمِ    18. العِلْمُ فىِ الصِغَرِ كَالنَقْشِ عَلَى الحَجَرِ 19. لَنْ تَرْجِعَ الأَيَّامُ التِى مَضَتْ 20. تَعَلَّمَنْ صَغِيْرًا وَاعْمَلْ بِهِ كَبِيْرًا 21. العِلْمُ بِلاَ عَمَلٍ كَالشَجَرِ بِلاَ ثَمَرٍ 22. الإِتِّحَادُ أَسَاسُ النَ

Panggung Gembira 62017 Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Jawa Timur

Panggung Gembira 62017 pada tanggal 5 Januari 2017 di Pondok Modern Arrisalah Ponorogo Jawa Timur MENGGUNCANG DUNIA, dengan jumlah personil kelas akhir hanya 19 santriwan bisa mengadakan acara yang sangat luar biasa. Selamat menyaksikan